Jumat, 23 Desember 2011

DAMIU LQUA

Dengan Modal Sendiri, kami telah berhasil membuat usaha baru walaupun dengan susah payah karena keterbatasan modal yang ada. Dengan Modal awal yang terbatas kami mendirikan DAMIU LQUA ( Usaha Pengisian Air Minum Isi Ulang ). Mengajukan kredit ke Bank BRI saat itu merupakan alternatif yang terbaik, dengan memanfaatkan KUR ( Kredit Usaha Rakyat ) dengan
bunga pinjaman yang rendah, kami mendapatkan komitmen pinjaman Rp. 20.000.000,00.

Modal Sebesar Rp. 20.000.000,00 , ternyata tidak mencukupi untuk membeli etalase dan perlengkapan lain untuk usaha kami ini. Kami mencari alternatif pinjaman lain untuk mendapatkan tambahan modal, satu - satunya agunan yang dapat digunakan adalah BPKB motor. Komitmen pinjaman kami dapatkan di Pegadaian sebesar Rp. 5.000.000,00 , dengan bunga pinjaman sebesar 0,9% setahun.

Dengan Modal yang ada, kami membeli etalase dan perlengkapannya seharga Rp. 21.000.000,00 , cukup sederhana untuk sebuah ukuran Depot Air Minum Isi Ulang, sisa modal kami menggunakannya untuk membeli galon dan kendaraan operasional bekas seharga Rp 1.500.000,00. Tahap awal untuk segera memulai usaha ini dengan meminjamkan 50 galon kepada calon konsumen. Sistem pemasaran kami menggunakan cara pesan dan antar ( pada saat memulai usaha ini cara ini belum banyak digunakan ).

Dengan kerja keras dan kesabaran serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan kami, saat ini  telah terdistribusi hampir 750 galon ke konsumen ( dipinjamkan ). Perkembangan usaha kami sangat memuaskan.Seiring dengan perkembangan perilaku konsumen, cara berdagang kami mengalami perubahan. Konsumen menginginkan pesanannya agar cepat sampai sehingga kami harus mencari alternatif kendaraan untuk mengangkut Galon air isi ulang dalam jumlah yang lebih banyak.  Dengan Modal Sendiri,  DAMIU LQUA , membeli kendaraan roda tiga ( KAISAR ) dengan kondisi bekas seharga Rp 7.000.000,00 ( Setelah negosiasi dengan pemilik kendaraan, kami dapat mengangsur pembayarannya ).

Persaingan bukan menjadi permasalahan terbesar- kami sangat menghargai persaingan yang sehat dan bukan persaingan yang ingin menghancurkan. Toleransi kepada penjual lain yang sejenis dengan kami, akan kami menjaga sepanjang tidak dirugikan.

Pada tahun ke-3 perjalanan usaha ini, kami mengajukan komitmen hutang ke Bank Mandiri dan memperoleh komitmen pinjaman modal sebesar Rp. 45.000.000,00 dengan angsuran  tiap bulan sebesar Rp. 1.983.500,00. Untuk semakin melancarkan pengiriman Air isi ulang ke konsumen, kami membeli kendaraan roda tiga ( VIAR ) kondisi baru seharga Rp. 17.700.000,00. Waktu menjadi sangat begitu penting, semakin cepat kami melakukan pengiriman akan membuat konsumen menjadi puas dengan cara pelayanan kami. Untuk sisa modal digunakan  untuk melunasi hutang kami di Bank BRI dan Pegadaian dan di simpan di rekening kami di Bank Mandiri sebagai cadangan modal.

Visi ke depan dari DAMIU LQUA adalah mewujudkan usaha - usaha baru tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar